Senin, 26 September 2016

Tips Memilih Tahu Yang Sehat Tanpa Formalin



Kami De Batam Tofu adalah produsen utama tahu bulat di batam. kami juga menyediakan : tahu bulat isi, tahu bulat mentah, tahu bulat pedas, tahu bulat aneka rasa & tahu bulat lain. Info : 082284066470

Ketika kita menonton acara televisi yang menyelidiki tentang bahaya nya sebuah makanan maka saat itu juga kita merasa bahwa penting nya kebersihan dan keaslian sebuah makanan tanpa dicampuri bahan bahan yang dapat merusak kesehatan. 

tahu bulat batam

Dan dari itu kia mengetahui bahwa beberapa pengrajin tahu atau pengusaha tahu menggunakan bahan pengawet dalam proses pengolahan tahu nya dan menjadi hal yang wajar dalam industri pengolahan tahu. Sehingga kita harus lebih waspada dalam memilih dan mengkonsumsi tahu.

Hal ini terjadi karena tingkat persaingan bisnis dalam industri tahu sangat ketat, sehingga para pedagang dengan terpaksa melakukan berbagai cara yang baik maupun yang buruk agar tahu nya laku terjual. Namun bagi pedagang yang jujur biasanya memproduksi tahu dalam jumlah yang besar sehingga bahan mentah hasil produksi bisa disimpan untuk penjualan di hari esok.

Namun pedagang lain biasanya menambahkan pegawet dalam takaran yang tidak seharusnya kemakanan sehingga membahayakan bagi para pelanggan atau pembeli. Contoh nya adalah formalin. Formalin sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh tubuh manusia, apalagi dengan takaran dan jumlah diluar batas tubuh manusia, dan bisa menyebabkan kanker yang merupakan penyebab kematian No. 1 Di Indonesia.

Selain itu bisa menyebabkan iritasi lambung dan usus, alergi,mual serta diare. Formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat manusia atau dalam industry kulit.

tahu bulat batam

Kecermatan kita dalam memilih tahu harus dilakukan. Dan selain itu kita juga harus waspada terhadap bahaya lainnya yaitu pewarna makanan kimia yang juga sering terdapat di tahu. Pewarna juga berakibat sama fatal nya dengan bahaya formalin.

Cara memilih tahu yang sehat yang tidak mengandung formalin dan pewarna buatan



Tips memilih tahu yang tidak mengandung pengawet dan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan

  1. Tahu yang berformalin berbau obat, dan tahu yang normal (biasa) baunya khas protein kedelai dan agak asam karena proses fermentasi. 
  2. Tahu berformalin terasa lebih kenyal dan keras jika ditekan dengan jari, sedangkan yang tidak menggunakan pengawet akan lebih mudah hancur jika ditekan. 
  3. Tahu berformalin awet hingga 3 hari, sedangkan tahu yang biasa (tanpa pengawet) hanya bertahan selama 24 jam saja, lebih dari itu tahu akan terasa kecut dan rusak.
  4. Tahu dengan pewarna buatan akan berwarna kuning sampai pada bagian tengahnya jika dibelah, dan tahu yang menggunakan pewarna dari kunyit akan berwarna kuning pada bagian permukaan namun tidak sampai ke tengah. Bagian tengah tahu biasanya tetap akan berwarna putih.



 
Demikian tips yang dapat membantu kita untuk bisa menentukan mana tahu yang tidak menggunakan pengawet dan pewarna kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Artikel lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar